Tentang Kecamatan Camba



SEJARAH KECAMATAN CAMBA

Sketsa Peta Kecamatan Camba
Camba, Dahulu Kecamatan Camba adalah wilayah yang sangat luas dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Bantimurung dan Kabupaten Bone. Sejak tahun 1992 Kecamatan Camba dimekarkan. Hasilnya adalah kecamatan Mallawa. Dan kemudian dimekarkan lagi dikemudian hari dan hasilnya adalah Kecamatan Cenrana Baru.


Camba adalah sebuah Kecamatan yang terletak di Kabupaten Maros Propinsi Sulawesi Selatan. Kecamatan Camba secara geografis merupakan daerah lembah. Pada saat kita berdiri di daerah ini dan memandang serta memutarkan badan 360 derajat yang terlihat adalah bukit dan gunung yang hijau dan rindang. Wilayah Kecamatan Camba termasuk daerah dataran sedang yang beriklim sejuk. Dataran Camba berada sekitar 340 meter di atas permukaan laut. Ibukota Kecamatan Camba adalah Kelurahan Cempaniga.


Jarak udara dari Camba menuju Kabupaten Maros adalah sekitar 32Km, namun jika ditempuh dengan jalur darat menjadi 48Km. Jarak dari Camba menuju Ibukota Propinsi Sulawesi Selatan yaitu Makassar adalah 87 Km melalui jalan darat. Dan jarak dari Camba menuju Kabupaten Bone adalah 98Km.


Penghasilan utama dari penduduk Kecamatan Camba selain Pegawai Negeri Sipil adalah Bertani. Hasil pertanian bermacam-macam. Ada padi, jagung, sayur-sayuran, kacang, cabe merah, tomat, dll. Terdapat pula banyak peternak. Kebanyakan beternak Ayam Ras dan ada juga yang beternak Ayam Potong. Terdapat pula peternakan sapi. Untuk hasil perkebunan terdapat kemiri, jati, bambu, kelapa, coklat dll.

DESA DAN KELURAHAN DI KECAMATAN CAMBA


Kecamatan Camba terdiri atas 2 Kelurahan dan 6 Desa sebagai berikut:
1. Cempaniga
2. Cenrana
3. Bentengnge
4. Mario Pulana
5. Patangnyamang
6. Pattiro Deceng
7. Sawaru
8. Timpuseng


Camba


Pasar Sentral Camba (dulu)


Masjid Besar Al-Jihad Camba



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar